PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI (PILMAPRES) UNIBBA TAHUN 2021

Universitas Bale Bandung menyelenggarakan rangkaian agenda pemilihan mahasiswa berprestasi  untuk program Sarjana. Tema yang dipilih dalam Pilmapres UNIBBA tahun 2021 adalah Penyelesaian Masalah Pembangunan yang Berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0. Kegiatan ini difasilitasi oleh Biro Kemahasiswaan Alumni dan Humas (BKAH) melalui Bagian Minat dan Bakat Mahasiswa. Dalam pelaksanaanya  BKAH UNIBBA didukung oleh tim dosen sebagai juri dan tim mahasiswa.

Rangkaian agenda Pilmapres UNIBBA 2021 dimulai dengan sosialisasi berupa pemberitahuan kepada Fakultas melalui Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta pengurus Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA). BKAH juga mengadakan sosialisasi melalui berbagai media komunikasi kepada Koordinator Kelas Mahasiswa (KOSMA), dengan harapan informasi dapat tersebar lebih luas untuk menjaring peserta.

Peserta Pilmapres merupakan delegasi dari fakultas, adapun jumlah delegasi yang dimaksud masing-masing satu peserta dari setiap program study. Setiap peserta harus memenuhi berbagai persyaratan diantaranya: Mahasiswa aktif (maksimal semester 6) dibuktikan melalui Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), usia tidak lebih dari 22 tahun dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP), belum pernah mengikuti pilmapres, melampirkan surat pengantar dari Dekan, mengisi forulir pendaftaran.

Pemaparan Gagasan Kreatif Peserta Pilmapres UNIBBA 2021

Calon peserta pilmapres juga diharuskan menyusun karya tulis ilmiah dengan konten gagasan kreatif sebanyak 10-20 halaman. Karya tulis tersebut selanjutnya dipaparkan dalam sesi penjurian. Selain itu, calon peserta diminta melampirkan data prestasi baik itu sebagai juara kompetisi, keterlibatan dalam organisasi kemahasiswaan, dan berbagai penghargaan lainnya yang dapat dimasukan kedalam rekognisi. Seluruh persyaratan wajib dikumpulkan pada tanggal 7 Mei 2021.

Sejalan dengan kebijakan Universitas mengenai pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, penyelenggaraan Pilmapres UNIBBA dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada tanggal 10 Mei 2021 dengan jumlah peserta sebanyak sepuluh mahasiswa. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana yakni Syifa Vidya Sofwan , S.E., M.Ak., Ak., CA. Pembukaan kegiatan pilmapres oleh kepala BAKAH yaitu R. Rinayanti Laila Nurwulan, Dra., M.Pd. Acara ini dihadiri oleh juri pilmapres Aditya Achmad Fathony, S.E.,MM.,Ak.,CA.,CTA.,MD, dan Nenden Sri Rahayu, S.S. M. Pd.

Setiap peserta mendapat alokasi waktu maksimal 20 menit untuk mempresentasikan naskah gagasan kreatifnya. Selanjutnya dibuka sesi tanya jawab dan pemberian nilai dari juri. Penilaian dipengaruhi oleh empat poin utama yaitu teknik presentasi, kebaruan gagasan, kemampuan berbahasa Inggris, dan jawaban atas pertanyaan juri. Selain itu kelengkapan berkas pendaftaran juga tidak luput dari perhatian para juri.

Berdasarkan proses penjurian predikat Mahasiswa Berprestasi peringkat pertama diraih oleh Ima Ananda Choirunnisa dari Fakultas Ekonomi, peringkat kedua Wildan Adhitya Geraldine dari Fakultas Teknologi Informasi, peringkat ketiga Eva Nur Chasanah dari Fakultas Pertanian. Dengan demikian Ima Ananda Chorunnisa terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Universitas Bale Bandung tahun 2021, dan akan mewakili UNIBBA di tingkat selanjutnya. Semoga dapat membawa nama UNIBBA bersaing dengan peserta Pilmapres dari Universitas se-Indonesia dan meraih prestasi diajang Pilmapres 2021.