PROFIL

Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Humas-PMB (BAKAH)

Universitas Bale Bandung

Visi
Menciptakan pola pembinaan kemahasiswaan menjadi sumber daya manusia yang unggul berbasis moralitas dan budi pekerti luhur, intelektualitas dan entrepreneurship.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan dalam mengembangkan intelektualitas melalui bimbingan dan pelatihan kegiatan imiah.
  3. Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan (enterpreneurship);
  4. Memberikan pelayanan berdasarkan hak-hak dan kepentingan mahasiswa dan alumni secara komprehensif, bermartabat dan transparansi;
  5. Memfungsikan Lembaga sebagai mediator dan mengkomunikasikan antara kepentingan universitas, mahasiswa dan alumni maupun mitra kerja dalam ruang lingkup Universitas Bale Bandung terutama dalam bidang kegiatan ilmiah dan riset, beasiswa dan jejaring kerjasama;
  6. Melaksanakan pendampingan program kegiatan kemahasiswaan dan alumni dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

      Tujuan

  1. Melaksanakan rangkaian kegiatan kemahasiswaan dalam upaya pencapaian tujuan menghasilkan lulusan yang berkualitas, berakhlaq mulia, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga menjadi tenaga akademik dan/atau profesional yang tangguh.
  2. Melaksanakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam upaya  mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, guna mendorong pengembangan budaya.
  3. Melaksanakan rangkaian kegiatan kemahasiswaan dalam upaya membantu pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Struktur Organisasi Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Humas PMB (BAKAH)

    Kepala Biro Adm. Kemahasiswaan Dan Alumni

Dra. R. Rinayanti Laila Nurwulan, Dra., M.Pd.

Kabag. Peminatan dan Bakat Mahasiswa

Ade Hamdani, S.Ip.

Kabag. Kesejahteraan Mahasiswa

Moh. Herman

Kabag. Humas Dan Penerimaan Mahasiswa Baru

Gingin Ginanjar, S.Pd. M.Pd.

Kabag Pusat Karir

Aditya Achmad Fathony, S.E., Ak., M.M. CA. CTA.

Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Humas PMB (BAKAH), Universitas Bale Bandung, Adalah unit kerja yang menangani seluruh  administrasi, dinamika dan problematika kemahasiswaan dan alumni, kerjasama dan beasiswa sekaligus pelaksana administrasi ekstrakulikuler mahasiswa dan alumni yang bertanggung jawab pada Pimpinan Universitas Bale Bandung dalam hal ini Wakil Rektor 3. Biro ini pun bertanggung jawab untuk mengarahkan, membina dan mengembangkan karakter mahasiswa unggul dan  menyadari pentingnya mendasari mahasiswa tentang nilai-nilai moralitas budi pekerti luhur dan intelektualitas yang menjunjung tinggi moral keimanan sebagai bangsa yang beragama dan ideologi Pancasila serta membentuk karakter mahasiswa yang berkepribadian unggul, inteletual tinggi, berwawasan kebangsaan yang tangguh, mempunyai  pemahaman kebudayaan yang matang, dan berjiwa kepemimpinan yang mandiri, mempunyai cakrawala pemikiran progresif-inovatif-inspiratif, disamping memiliki  sikap juang yang pantang menyerah dan militan dalam menghadapi problematika kehidupan.

Pembentukan karakter mahasiswa dan alumni ini akan merupakan target internalisasi nilai-nilai dan kegiatan normatif sehingga hasil akhir berbagai program kegiatan, adalah terciptanya lulusan unggul yang professional, berkarakter mandiri dan tangguh dalam masyarakat serta menjadi alumni yang mampu memenangkan kompetisi dalam dunia kerja serta alumni yang berperan besar dan memberikan kontribusi dalam ikut serta menentukan arah masa depan bangsa.

Program pembentukan karakter ini dapat ditempuh melalui berbagai kegiatan pelatihan yang penyelenggaraannya dapat dilakukan secara mandiri/internal seperti pelatihan membuat karya ilmiah, pelatihan yang menghasilkan kemampuan khas dalam bidang seni , budaya dan olah raga, memberikan pengalaman dan peluang kegiatan kompetisi, yang bdidanai oleh Lembaga maupun dilakukan dengan melalui kerjasama dengan pihak ke-3 (sponsor yang yang tidak mengikat).

Program kerja prioritas berikutnya adalah komunikasi dan konsolidasi yang intensif dengan alumni, dalam hal ini alumni harus ditempatkan sebagai mitra kerja untuk secara bersama-sama terus mengembangkan sumber daya manusia dengan pengetahuan praktis  Surviva of life dalam etos kehidupan yang luas yang akan bermanfaat untuk memenangkan pertarungan di berbagai kompetisi kehidupan dalam dunia kerja, ekonomi kewirausahaan, politik, dan budaya.

Pengembangan dan pengelolaan beasiswa dari pemerintah dan kerjasama dengan pihak ke-3 (sponsor yang tidak mengikat) merupakan tugas penting berikutnya, bukan saja hanya sekedar menyalurkan-mengurus administrasi program beasiswa yang sudah ada, namun harus berupaya menambah kuantitas, kualitas dan jejaring kerjasama pemberi beasiswa, dalam kerangka memberikan kesejahteraan kepada Mahasiswa. Dalam hal ini  BAKAH  harus  secara intensif menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga/perusahaan untuk secara bersama-sama merancang program beasiswa secara komprehensif, sehingga  mahasiswa  penerima beasiswa sebagai agent of change mampu menjadi out-put yang memiliki nilai positif  bagi lembaga/universitas dan stake holders. Pelayanan yang baik dan terpadu, pendataan dan sistem administrasi yang rapi, sistem alur birokrasi yang ramah, adil, bermartabat, transparan dan informatif, pelayanan yang mudah dan cepat bagi mahasiswa dan alumni serta mitra kerja BAKAH akan membantu meningkatnya citra terhadap Universitas Bale Bandung sebagai universitas kebanggaan masyarakat Bandung selatan, khususnya, nasional, internasional pada umumnya. Oleh karenanya struktur, sistematika kerja dan pembagian tugas harus jelas dan dilaksanakan secara disiplin, dedikasi tinggi dan penuh rasa tanggung jawab.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam uraian diatas, sesuai Pasal 21 Peraturan Rektor nomor 1 tahun 2017, bahwa   Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas PMB (BAKAH), menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana administrasi di bidang urusan kemahasiswaan, alumni, dan humas-PMB, yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor III. Mempunyai tanggung jawab untuk urusan kemahasiswaan, alumni, dan humas-PMB yang meliputi memberikan layanan administrasi kemahasiswaan dan alumni kepada sivitas akademika dan alumni, pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, organisasi mahasiswa dan alumni di lingkungan Universitas, serta hubungan masyarakat dan penerimaan mahasiswa baru.   Adapun dalam konteks berhubungan dengan kepegawaian dan persuratan , maka :

(1) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB, menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana administrasi di bidang urusan kemahasiswaan, alumni, dan humas-PMB, yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor III. Mempunyai tanggung jawab untuk urusan   kemahasiswaan, alumni, dan humas-PMB yang meliputi memberikan layanan administrasi kemahasiswaan dan alumni kepada sivitas akademika dan alumni, pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, organisasi mahasiswa dan alumni di lingkungan Universitas Bale Bandung, serta hubungan masyarakat dan penerimaan mahasiswa baru. 

(2)  Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB bertanggung jawab langsung kepada Wakil Rektor III, dengan tugas pokok sebagai berikut:

  1. Membuat buku induk mahasiswa dan alumni.
  2. Melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi kegiatan Kemahasiswaan dan alumni, seperti kegiatan minat, bakat, dan penalaran, serta kegiatan olahraga, kesenian dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya.
  3. Menghimpun, mengolah dan menyimpan data serta informasi mengenai  kemahasiswaan dan alumni.
  4. Menyiapkan bahan, mengkoordinir, dan melakukan penyusunan pedoman teknis pengelolaan atau Standar Operasional Prosedur Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB
  5. Melaksanakan pendistribusian Kartu Pengenal/atribut mahasiswa, serta membuat  Keterangan Masih Kuliah.
  6.  Pelayanan administrasi kesejahteraan mahasiswa, dengan menyiapkan dan mengurus calon penerima beasiswa, koordinasi dengan Wakil Rektor III, Fakultas, serta BEM/DPM.
  7. Menginventarisir dan membantu kegiatan mahasiswa untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat, koordinasi dengan LPPM serta Wakil Rektor III dan Fakultas.
  8. Menjalankan dan mengawasi sistem administrasi peraturan disiplin Mahasiswa.
  9. Penelusuran dan membina hubungan dengan alumni.
  10. Menyusun program penyelenggaraan pertemuan ilmiah dan kegiatan kemahasiswaan maupun Alumni.
  11. Mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang pembinaan kemahasiswaan untuk kelancaran tugas.
  12. Mengevaluasi kegiatan unit/organisasi kemahasiswaan (UKM) dan Ikatan Alumni (IKA) Universitas.
  13. Penyelenggaraan Penerimaan dan Orientasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Bale Bandung.
  14. Merencanakan dan mengembangkan hubungan masyarakat yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, kemahasiswaan, dan alumni sesuai peran dan fungsi universitas.
  15. Melaksanakan pembinaan terhadap Kepala Bagian dan staf pada Biro Administrasi  Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB. Menyusun laporan Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.

(3)  Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB terdiri atas:

  1. Bagian Minat dan Kegiatan Mahasiswa
  2. Bagian Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni.
  3. Bagian Humas dan PMB.                                                                               Bagian Minat dan Kegiatan Mahasiswa menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana administrasi dan pelayanan bakat, minat, dan kegiatan mahasiswa di lingkungan universitas. Bagian Minat dan Kegiatan Mahasiswa dipimpin oleh seorang kepala bagian berada di bawah koordinasi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB. Kepala Bagian Minat, bakat dan Kegiatan Mahasiswa mempunyai tugas pokok sebagai berikut:
  1. Melakukan pendataan terhadap minat dan bakat mahasiswa dalam bidang karya tulis ilmiah, seni, budaya, dan olah raga.
  2. Mengawasi pembinaan dan sistem regenerasi unit kegiatan mahasiswa (UKM) Menghimpun data base kegiatan Mahasiswa dan Alumni.
  3. Memeriksa pengajuan proposal kegiatan Mahasiswa
  4. Mempersiapkan bahan pelatihan pembimbing kegiatan mahasiswa.
  5. Mempersiapkan bahan pembinaan/peningkatan ketrampilan manajemen mahasiswa.
  6. Mempersiapkan bahan pembinaan prestasi ekstrakurikuler mahasiswa bidang penalaran.
  7. Mempersiapkan bahan pembinaan prestasi ekstrakurikuler mahasiswa bidang olahraga, seni,dan bidang minat khusus/kesejahteraan.
  8. Menghimpun dan menelaah peraturandan pedoman dibidang penalaran ,minat dan informasi kegiatan mahasiswa.
  9. Melaksanakan pemantauan kegiatanorganisasi mahasiswa (ormawa) dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) bidang penalaran, olahraga, seni, dan khusus/kesejahteraan.
  10. Melakukan penyusunan bahan informasi kegiatan kemahasiswaan.
  11. Mengkoordinator keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan di kampus dan di luar kampus.
  12. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat dibidang minat dan penalaran mahasiswa.
  13. Melakukan administrasi kontrak kegiatan mahasiswa bidang minat dan penalaran mahasiswa.
  14. Menyusun bahan penerbitan jurnal ilmiah mahasiswa.
  15. Membantu penyelenggaraan pertemuan ilmiah dan kegiatan kemahasiswaan maupun Alumni.
  16. Mengarsipkan, memelihara, dan menata penyimpanan semua dokumen/data yang berhubungan dengan pelayanan administrasi minatdan kegiatan Mahasiswa.
  17. Membantu menyiapkan laporan tahunan Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB.

Bagian Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni di lingkungan Universitas. Bagian Kesejahteraan mahasiswa dan Alumni dipimpin oleh seorang kepala bagian berada dibawah koordinasi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas PMB. Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni mempunyai tugas pokok sebagai berikut:

  1. Melaksanakan layanan kesejahteraan mahasiswa.
  2. Melakukan administrasi penunjang pendidikan dan pembinaan karir mahasiswa.
  3. Menyebarluaskan informasi beasiswa kepada mahasiswa melalui Fakultas masing-masing.
  4. Menginput data mahasiswa penerima beasiswa (Bidikmisi, PPA dan PAGM) setelah koordinasi dengan fakultas dan program studi.
  5. Memeriksa berkas beasiswa, arsip,dan kelengkapan calon penerima beasiswa.
  6. Membuat permohonan beasiswa mahasiswa (Bidikmisi, PPA dan PAGM).
  7. Membuat laporan beasiswa mahasiswa (Bidikmisi, PPA dan PAGM) dan pertanggungjawaban ke Kopertis dan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat
  8. Melaksanakan program kerja yang kaitannya dengan Alumni.
  9. Menghubungkan antara almamater dengan alumni dan pihak eksternal yang disahkan oleh pimpinanUniversitas.
  10. Mendukung pelaksanaan kegiatan penghimpun dana dari alumni.
  11. Mengkoordinirkeikutsertaan Alumni dalam kegiatan-kegiatan di kampus.
  12. Mendorong dan mengupayakan keterlibatan alumni dalam berbagai kegiatan di almamater.
  13. Mendukung, memfasilitasi dan menghadiri kegiatan yang dilaksanakan alumni.n.Mensosialisasikan kegiatan Tracer Study (Pelacakan alumni).
  14. Menyebarluaskan informasi kesempatan
  15. Membantu pelaksanaan hubungan kerjasama antara mahasiswa dan Alumni
  16. Mengarsipkan, memelihara, dan menata penyimpanan semua dokumen/data yang berhubungan dengan pelayanan administrasi kesejahteraan mahasiswa dan alumni.
  17. Membantu menyiapkan laporan tahunan Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB.

Bagian Humas dan PMB menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana pelayanan penerimaan mahasiswa baru dan hubungan masyarakat. Bagian Humas dan PMB dipimpin oleh seorang kepala bagian berada di bawah koordinasi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas – PMB. Kepala Bagian Humas dan PMB mempunyai tugas pokok sebagai berikut:

  1. Melaksanakan program kerja bagian Humas dan Penerimaan Mahasiswa Baru.
  2. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data Humas dan kegiatan PMB yang dilakukan di dalam dan luar lingkungan Universitas.
  3. Melaksanakan penyusunan rencana pengembangan kegiatan Humas dan kegiatan PMB
  4. Melaksanakan penyusunan proposal kegiatan Humas dan PMBdi di dalam dan luar lingkungan Universitas.
  5. Melaksanakan administrasi dan evaluasi kegiatan Humas dan kegiatan PMB.
  6. Melaksanakan layanan informasi, publikasi, dokumentasi, dan hubungan masyarakat terkait penerimaan mahasiswa.
  7. Merencanakan program penerimaan mahasiswa baru dan menyebarluaskaninformasi penerimaan mahasiswa baru kepada masyarakat, Fakultas, Program studi, dan mahasiswa.
  8. Menyiapkan materi promosi dan informasi penerimaan mahasiswa melalui media cetak dan elektronik.
  9. Mengelola Website Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB (BAKAH)
  10. Menyiapkan dan melaksanakan pendaftaran penerimaan mahasiswa, menginput data dan memeriksa kelengkapan berkas persyaratan calon mahasiswa baru.
  11. Mengembangkan dan memelihara hubungan dengan masyarakat, instansi pemerintah atau swasta, dan lembaga lainnya, guna peningkatan animo dan minat masyarakat terhadap Universitas Bale Bandung
  12. Mengarsipkan, memelihara, dan menata penyimpanan semua dokumen/data yang berhubungan dengan pelaksanan kegiatan Humas dan penerimaan mahasiswa baru.m.Membantu menyiapkan laporan tahunan Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Humas-PMB.

Pusat Karir Universitas Bale Bandung yang didirikan sejak tahun 2017 merupakan bagian tidak terpisahkan dari Universitas Bale Bandung. Dalam pengelolaannya bertanggung jawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Pusat Karir dipimpin oleh Kepala Pusat Karir dan didukung oleh beberapa orang staf yang memiliki tugas masing-masing.

Secara Struktural sebagai sebuah rintisan , Pusat Karir Universitas Bale Bandung masih berada dalam lingkup Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Humas PMB (BAKAH) untuk rintisan pengembangan ke depan sebagai lembaga yang berdiri sendiri yang berkoordinasi langsung dengan pimpinan Univesitas khususnya Wakil Rektor III.

Pusat Karir Universitas Bale Bandung didirikan sebagai bentuk kepedulian sekaligus salah satu upaya meningkatkan kualitas lulusan agar dapat bersaing di dunia kerja. Berbagai program yang dilaksanakan bertujuan untuk menyelaraskan kemampuan lulusan dengan kebutuhan di dunia kerja. Lebih dari pada itu, pusat karir UNIBBA mengupayakan peningkatan berbagai keahlian. Pusat Karir juga melakukan studi pelacakan terhadap alumni untuk memetakan keterserapan Alumni UNIBBA di dunia kerja.

Universitas Bale Bandung juga memfasilitasi upaya peningkatan kebekerjaan (employability) lulusannya. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat dalam hal relevansi outcome pendidikan tinggi. Lulusan yang berhasil dan secara profesional sukses akan menjadi salah satu aset utama Universitas Bale Bandung (UNIBBA) dan kontribusinya bagi dunia pendidikan tinggi.

VISI Pusat Karir UNIBBA, adalah Menjadi pusat pengembangan dan pelayanan karir yang siap dan sigap dalam mempersiapkan softskill mahasiswa dan meningkatkan mutu lulusan dan alumni agar kreatif, inovatif, responsif, adaptif, dan mandiri, serta mampu bersaing  dalam menghadapi dunia kerja di era global.

MISI Pusat Karir UNIBBA, adalah Membangun karakter dan meningkatkan kualitas mahasiswa dan alumni agar memiliki kemampuan, keahlian, keterampilan, dan pengetahuan dengan berbagai kegiatan pengembangan sumber daya manusia melalui aktivitas seminar, workshop, magang, dan pelatihan.

  1. Membangun kemitraan yang strategis antara Universitas Bale Bandung dengan dunia kerja.
  2. Memberikan dukungan kepada Universitas Bale Bandung dalam mempersiapkan dan mengembangkan mahasiswa dan alumni dengan berbagai aktivitas positif yang bersifat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  3. Sebagai mediator antara mahasiswa dan alumni Universitas Bale Bandung maupun non Universitas Bale Bandung dengan dunia industri dan instansi pemerintah.
  4. Menyelenggarakan kegiatan bursa kerja, pameran kesempatan kerja, dan rekruitmen kampus guna memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi pencari dan pemberi kerja.
  5. Mengelola informasi ketenagakerjaan melalui konsultasi, bimbingan, dan pelatihan agar mahasiswa dan alumni siap menghadapi dunia kerja.
  6. Mengadakan sosialisasi, promosi, dan konseling karir bagi mahasiswa dan alumni Universitas Bale Bandung.
  7. Menyelenggarakan tracer study tingkat universitas dengan kualitas dan metode yang tepat dan benar sesuai arahan dan pedoman Kemenristekdikti.